Sabtu, 27 Desember 2008

Makin YAKIN?

Assalamu'alaikumWrW b…

"Pernahkah suatu saat kita hendak pergi ke suatu tempat yang kita belum tau rutenya? Lantas apa yang kan kita lakukan? Langsung jalan begitu saja? Atau malah membatalkan perjalanan kita?"


Sebutlah namanya si A. Suatu saat, si A ini hendak pergi ke suatu tempat yang dia sendiri belum tau rutenya. Kemudian si A mencari tahu rute perjalanannya dengan bertanya kepada si B. Dan si B pun menjelaskan rutenya. Ketika si B menjelaskan rutenya, si B memberikan peringatan kepada si A. Kata si B, "Wahai kawanku, nanti dalam perjalanan angkau akan mengalami sedikit kemacetan di daerah ini dan itu. Kemudian nanti, engkau tidak perlu turun di terminal. Engkau turun saja di simpang 6, kemudian naik bis selanjutnya. Karena jika engkau turun di terminal, maka jarak yang kau tempuh akan semakin jauh dan ongkos yang harus kau keluarkan pun akan semakin besar!". Dan si A pun mengingat baik-baik semua yang dikatakan si B, lalu ia pun berangkat!

Dalam perjalanan, tanpa sepengetahuan si A, ternyata ada seseorang(sebutlah si C) yang kebetulan mempunyai nasib yang sama dengan si A(sama-sama ingin pergi ke tempat tujuan tersebut, tetapi dia tidak mengetahui rutenya dengan baik). Si C akhirnya masuk ke bis yang sama dengan si A. Dalam perjalanan, si C ini terus saja mengeluh karena seringnya terkena kemacetan. Sementara di sisi lain, si A malah senang karena apa yang dikatakan si B ternyata benar, bahwasanya kelak dia akan terkena macet di sini & situ. Sesampainya di simpang 6, si A turun dari bis. Sementara si B masih berada di dalam.

Perjalanan pun berlanjut! Si B (yang tadi tidak turun di simpang 6), masih saja hobi mengeluh dan mengeluh. "Duh, kenapa sih tak sampai-sampai juga di terminal??? Macet lagi! Huh, kalau tau bakal seperti ini, lebih baik aku pulang saja!", cetus si B. Akhirnya, 1 km sebelum sampai di terminal si B pun turun dari bis, kemudian dia pun pulang. Sementara si A, sampai di tujuan tepat pada waktunya.

Subhanallah…
Allah telah memberikan sebuah perumpamaan yang luar biasa!
"dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa"
Beginilah jalan dakwah kita. Betapa banyaknya rintangan yang kan kita hadapi setiap harinya, sampai2 waktu 24 jam pun terasa amat kurang. Sebegitu banyaknya rintangan tersebut, sampai-sampai membuat kita lupa bahwasanya memang inilah jalan dakwah. Sering sekali para ustad, guru, dan teman-teman seperjuangan kita mengingatkan kita akan betapa beratnya jalan dakwah ini. Betapa sulitnya rintangan yang kan kita hadapi. Namun ternyata hal itu malah membuat kita menyerah, bukan membuat kita MAKIN YAKIN.
Yakinlah, karena yakin adalah modal utama dari segala modal. Tak mungkin seorang Valentino Rossi dapat memicu kendaraannya begitu cepat tatkala tak ada keyakinan dalam dirinya. Maka sekali lagi, YAKINLAH…!

Wassalamu'alaikum Wr Wb

*Pesan asli dikirim oleh matriks_52

Tidak ada komentar:

Posting Komentar